Selasa, 05 Juni 2012

RELAY


Saya telah banyak mencari artikel atau bacaan bacaan mengenai relay, tapi hasilnya tidak seperti yang saya inginkan karena terlalu sedikit untuk dipelajari, apalagi untuk relay khusus yang ingin saya pelajari yaitu relay kaki 5, untuk itu saya menulis blog ini untuk memberi sekedar sedikit informasi mengenai relay yang sering dipakai dalam rangkaian elektronika arus lemah, misalnya dalam elektronika analog, digital, sistem kendali interfacig, maupun menggunakan mikropocessor
Relay adalah perangkat elektris atau bisa disebut komponen yang berfungsi sebagai saklar elektris, cara kerjanya adalah apabila kita memberi tegangan pada kaki 1 dan kaki ground pada kaki 2 relay maka secara otomatis posisi kaki CO (Change Over) pada relay akan berpindah dari kaki NC (Normally close) ke kaki NO (Normally Open).
Bagaimana cara mengetahui kaki-kaki pada relay…….?
  1. Langkah pertama untuk mengetahui posisi dan nama kaki relay adalah dengan menghadapkan bagian yang terdapat 3 kaki pada penglihatan kita atau menghadapkan pada wajah kita, yang pertama kaki paling kiri adalah kaki 1 yaitu disambungkan ke vcc, yang kedua pada bagian tengah yaitu kaki CO (Change Over), dan yang ketiga adalah kaki 2 yaitu kaki yang disambungkan ke arah ground atau komponen lain selain jalur vcc,
  2. Langkah kedua adalah menentukan kaki NC dan NO, kaki NC adalah kaki yang sejajar dengan kaki 1 untuk vcc, sedangkan kaki NO adalah kaki yang sejajar dengan kaki 2 .
Gambar Relay 
Mudah-mudahan bacaan ini dapat menambah referensi, ilmu dan membantu anda dalam menyelesaikan tugas, kritik dan saran sangat dibutuhkan. Terima kasih……:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar